Saat ini banyak channel penjualan yang bisa dimanfaatkan untuk bisnis dalam dunia otomotif. Seperti yang disampaikan oleh pakar marketing bapak Hermawan Kartajaya, kecenderungan generasi sekarang untuk omni channel atau banyak channel semakin menguat.

Ambil contoh, seorang milenial, dia punya banyak akun sosial media, mulai dari instagram, tik tok, facebook, spotify, youtube dan sebagainya. Selain itu dia juga masih suka melihat televisi meskipun jarang-jarang. Maka kondisi omni channel ini harus menjadi perhatian oleh business owner di dunia otomotif.

Full Power Disemua Channel?

Kemudian apakah semua channel harus dikerjakan secara maksimal? Tentu tidak. Seorang pebisnis perlu tahu mana yang menjadi pareto untuk usaha Anda. Jadikan channel tersebut sebagai titik fokus. Channel yang lain cukup punya untuk menjaga digital presence dan menjaga nama brand Anda tidak diambil orang lain. Nah, apa saja channel yang bisa kita manfaatkan untuk bisnis otomotif?

Ilustrasi proses marketing digital, sumber unsplash @campaign_creators
Ilustrasi proses marketing digital, sumber unsplash @campaign_creators

Facebook

Tak dapat dipungkiri, facebook masih menjadi salah satu sosial media yang cukup ramai. Secara resmi facebook melarang menggunakan facebook pribadi untuk jualan. Facebook menyediakan fitur fanpage dan marketplace untuk hal tersebut. Pengusaha otomotif bisa memanfaatkannya untuk berjualan. Untuk facebook pribadi, lakukan proses penjualan menggunakan teknik covert selling.

Youtube

Upload video sambil promosi. Tentu saja sangat bisa. Misalnya Anda pemilik toko sparepart kendaran bermotor. Bisa membuat review salah satu bagian sparepart, lalu selipkan promo secara halus di video Anda. Semakin banyak view, toko Anda akan semakin dikenal. Semakin terkenal Anda di youtube, orang akan semakin banyak yang mau membeli di toko Anda.

website untuk digital marketing bisnis otomotif
Website untuk digital marketing bisnis otomotif

Website

Jika facebook dan youtube kita ikut rumah orang lain ibaratnya. Maka beda dengan website, kita membuat rumah sendiri dan mengupayakan agar rumah kita ramai pengunjungnya. Agar mendapatkan trafik yang baik, Anda bisa menggunakan jasa seo untuk urusan ini. Targetkan kata kunci potensial untuk bisnis otomotif Anda.

Instagram

Anda bisa membuat akun publik sesuai dengan niche bisnis Anda. Setelah banyak follower bisa mempromosikan usah Anda di akun tersebut. Bisa juga dengan membuat akun resmi usaha Anda di instagram. Banyak sekali pegiat otomotif yang sudah membuka akun instagram. Mulai dari bengkel mobil, sales mobil, body repair, hingga toko sparepart mobil dan sebagainya.

WhatsApp

Rahasia memakai WA yang cukup ampuh itu ada pada seberapa intens kita berkomunikasi dengan kolega dan juga jurus memanfaatkan story. Jika masih bingung, ada video menarik dibawah ini yang bisa membantu Anda dalam memanfaatkan WA untuk berbisnis.

Tiktok

Jangan remehkan tiktok ya, meskipun isinya banyak dibilang oleh orang2 alay. Tik tok saat ini mulai ramai. Bisa jadi mereka bukan target market Anda saat ini. Namun dengan secara intens menjalin hubungan dengan mereka, bisa menjadi calon klien untuk 3 atau 5 tahun kedepan.

Marketplace

Pilihan marketplace yang bisa dimasuki banyak sekali. Mulai dari bukalapak, shopee, tokopedia, lazada dan sebagainya. Bahkan bisa jadi kedepan akan ada marketplace khusus dunia otomotif. Semisal Anda punya toko sparepart, bukalah lapak di masing-masing marketplace untuk menjaga brand Anda ada disana. Dan tentu mendapatkan tambahan profit.

Banyak bukan media digital untuk promosi bisnis otomotif. Itupun belum termasuk linkedin, pinterest, google my bisnis dan sebagainya. Sebagaimana yang kami sampaikan diatas, carilah pareto dimana Anda bisa paling banyak mendapatkan klien dari channel yang ada, lalu fokus maksimal disana. Selamat prakte yah!.

Gratis Konsultasi whatsapp