Jenis logam pada mobil – Di era sekarang sebagian orang  menjadikan mobil bukan hanya dijadikan alat transportasi yang untuk memudahkan perjalanan saja, melainkan sudah menjadi media bergengsi yang benar-benar untuk menaikan status sosial di tengah-tengah masyarakat. Memiliki mobil merupakan dambaan bagi sebagian besar orang, karena dengan mobil anda bisa berjalan-jalan bersama keluarga tercinta.

Dengan memakai mobil maka anda tidak lagi akan merasakan kepanasan ketika berpergian atau dengan kata lain anda akan merasa nyaman, dan tentunya bonus kebahagian karena berangkatnya bareng bersama satu keluarga dalam satu mobil.

Ada bermacam-macam material yang digunakan untuk membuat mobil mulai dari logam, plastik, aluminium, bahkan serat karbon. Untuk mobil yang masih menggunakan plat logam, jika mengalami penyok akibat benturan atau tabrakan, bisa diperbaiki dengan mudah.

Banyak alat teknologi yang canggih sekarang, ada alat yang bisa tarik bahan logam atau plat body mobil yang penyok. Ini menjadi prestasi yang sungguh luar biasa di dunia otomotif yang patut diberikan apresiasi karena banyak memberikan kemudahan kepada pengguna mobil.

Baca Juga: 5 Media Promosi Penjualan Mobil Ynag Efektif

Ilustrasi orang yang sedang membuat mobil, sumber: otomotif.compas.com

Berbicara mengenai logam, tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga. Tanpa anda sadari bahwa unsur atau jenis logam dapat ditemukan dan berada di sekitar. Unsur logam pada umumnya berada pada benda-benda mati yang sering anda lihat bahkan diraba. Material jenis satu ini sudah umum sangat umum dipakai dan digunakan dalam berbagai kehidupan misalnya logam pada mobil.

Tahukah anda? Bahwa bahan logam pada mobil memiliki keistimewaan dibandingkan dengan bahan lain  di antara keistimewaannya sebagai berikut:

  1. Pada suhu 20 derajat celcius, bahan logam akan mengeras dan membentuk struktur kristal.
  2. Bahan logam dapat dibentuk menjadi kertas timah atau kabel yang sangat tipis dan
  3. bahan logam mempunya jenis logam yang sangat berat.

Makanya tidak heran kemudian banyak mobil yang kita lihat pada setiap pengguna mobil kebanyakan material penggunaan mobilnya terbuat dari logam.

Beberapa jenis logam yang digunakan pada mobil

Karena dari keistimewaan yang ada pada logam menjadikan bahan logam sebagai salah satu bahan utama untuk pembuatan mobil. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai logam berikut jenis-jenis logam pada mobil:

1. Stainless steel

Gambar stainlees steel, sumber: jayastainless.co.id

Stainless steel adalah jenis logam yang banyak digunakan untuk membuat peralatan kehidupan termasuk dalam pembuatan mobil. Permukaan stainless steel memiliki keunggulan yaitu mudah dibersihkan. Stainless steel bisa bertahan dari serangan karat karena interaksi bahan-bahan campuranya dengan alam.

Stainless steel terdiri dari besi, krom, mangan, silikon, karbon dan seringkali nikel serta molibdenum dalam jumlah yang cukup banyak. Biasa kita lihat stainless steel ini pada keranda mayat dan barang-barang lainya juga dalam pembuatan mobil yang dipakai adalah bahan stainless steel.

Inilah alasan kenapa dalam pembuatan mobil digunakan stainless steel karena tidak berkarat dan mudah dibersihkan. Mobil yang dibawa kemana-mana tentu rentan sekali terkena berbagai kotoran. Oleh karena demikian, tidak bisa menggunakan bahan yang sulit dibersihkan terutama pada bagian luar mobil.

Apalagi bahan berkarat semua itu mungkin saja bisa digunakan akan tetapi tidak diletakan pada bagian luar mobil. Maka yang paling memungkinkan material terbaik yang diletakan pada bagian yang sering terkena kotoran yaitu stainless steel karena alasan mudah dibersihkan.

2. Aluminium

Gamabr mesin aluminium, sumber: fastnlow.net

Jenis logam ini banyak sekali kita temukan dalam pembuatan mobil. Utamanya karena aluminium memiliki sifat melepas panas lebih baik dan bisa mereduksi bobot mesin secara signifikan. Bobot mesin yang bisa dipangkas membuat distribusi bobot kendaraan dapat dibuat lebih merata antara bagian depan dan bagian belakang mobil.

Hasilnya, keseinmbangn mobil menjadi lebih baik dan pengendalian mobil menjadi lebih optimal. Bahan alumunium ini banyak kita temukan pada bagian mesin, karena bagian inti ini memiliki daya panas yang juga dapat mempengaruhi yang lain. Sehingga untuk menahan panas harus digunakan alumunium terlebih kendaraan kita pun menjadi ringan

3. Besi baja

Gambar pembuatan mobil: sumber: rooma.id

Besi adalah jenis logam yang tentu tidak asing lagi ditelinga kita, bahkan alat-alat yang kita gunakan di setiap harinya hampir tidak terpisahkan dari besi. Pada mobil peralatan yang digunakan baik pada bagian terbesar maupun pada bagian terkecil pada mobil terdapat besi.

Digunakannya besi baja pada mobil karena bahannya yang kuat sehingga dipilihnya besi, tidak mudah rusak, dan kalaupun rusak atau retak bisa di las, berbeda halnya dengan aluminium yang kalau sudah rusak sangat sulit sekali untuk diperbaiki.

Besi baja adalah material yang bisa digunakan untuk membuat body mobil. Body mobil yang dimaksud termasuk atap, panel pintu, dan balok antar pintu. Body juga berkaitan dengan keselamatan penumpang untuk meredam benturan saat terjadi tabrakan atau tidak. Dalam hal ini, body mobil yang bisa menahan benturan biasanya punya karakter tidak terlalu kaku yaitu baja besi.

Baca Juga: Tips Membeli Mobil Yang Sesuai Karakter Personalmu

4. Tembaga

Ilustrasi pelek mobil dari tembaga, sumber: pngwing.com

Jenis logam ini juga digunakan untuk membuatan berbagai macam alat seperti tumbler, piring, mobil dan kabel. Kabel yang ada di dalam mobil untuk menghantar aliran listrik itu asalnya dari tembaga, keberadaan tembaga merupakan salah satu faktor penting untuk bisa membuat mobil berfungsi.

Saat ini, banyak pabrikan kendaraan yang terus mengembangkan inovasinya agar selalu menjadi yang terdepan dalam industri otomotif. Bahkan, saat ini banyak pabrikan yang menempatkan sistem transmisi otomatis pada kendaraan yang dibuat agar penggunaan mobil jauh lebih mudah.

5. Serat karbon

Jenis logam yang ini banyak digunakan oleh pabrikan otomotif untuk mereduksi bobot kendaraan. Penggunaan serat karbon  memiliki kelebihan terutama dari sisi kekuatan dan bobot yang lebih ringan jika diaplikasikan. Karenanya kuat jika mendapat tekanan tegak lurus, nyaris menyamai kekuatan baja.

Keunggulan dan karakter yang dimiliki relevan dengan kebutuhan industri otomotif di era elektrifikasi ini. Sedangkan apabila diaplikasikan pada interior mobil, jenis material serat karbon dapat menangkal sinar UV sehingga mencegah penurunan kualitas dashboard dan mencegah timbulnya karat pada bagian tertentu.

terlebih dapat meningkatkan estetika kendaraan lebih eksklusif. Namun segala keunggulan material berjenis komposit ini tetap memiliki kekurangan didalamnya.

Demikianlah jenis logam yang ada pada mobil, semoga dengan penjelasan daftar logam di atas menjadi lebih paham dan membantu mempermudah anda dalam memilih mobil yang berbahan logam terbaik untuk anda.

Gratis Konsultasi whatsapp