Mobil Mataram – Musim silih berganti dari kemarau sampai ke musim penghujan. Saat musim penghujan, selain kebersihan dan kondisi mobil yang perlu untuk diperhatikan, penggunaan aksesoris juga tidak kalah penting untuk Anda pertimbangkan. 

Aksesoris yang digunakan pada mobil berfungsi untuk memudahkan berkendara dalam keadaan cuaca buruk dan memberikan perlindungan untuk menjaga kebersihan mobil dari terjangan air, lumpur hingga kotoran saat musim hujan. 

Saat ini aksesoris mobil sudah tersedia dalam berbagai macam varian dan mudah untuk Anda gunakan. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa ulasan terkait aksesoris pada mobil yang berguna saat musim hujan. 

Wiper 

Aksesoris Mobil yang berguna Saat Musim Hujan yang pertama adalah Wiper. Wiper menjadi salah satu komponen yang paling vital membantu Anda dalam perjalanan. Sebab, Wiper dapat menghapus butiran air hujan agar visibilitas pengendara lebih jelas.

Nah, tentu setiap mobil sudah memiliki sepasang wiper bawaan saat pertama membeli mobil. Namun Anda juga bisa memilih wiper aftermarket yang memiliki kemampuan menyapu air lebih baik. Saat ini sudah banyak tersedia wiper aftermarket yang memiliki teknologi seperti campuran silikon atau material Polytetrafluoroethylene.

Teknologi tersebut berguna untuk memperkecil gesekan dan membantu mempertahankan kekenyalan karet wiper lebih lama. Harga wiper aftermarket ini berkisar dari 100 ribu hingga 150 ribuan sepasangnya.

Mudguard

Mudguard adalah salah satu komponen tambahan yang ada pada mobil ataupun motor. Mud guard ini digunakan untuk mengurangi lumpur atau cipratan tanah yang mengenai mobil dan juga motor kamu. 

Saat memasuki musim penghujan, para pengendara banyak menggunakan aksesori Mudguard ini agar benar-benar menjaga kebersihan mobil mereka. Bagaimana tidak, coba saja Anda bayangkan misalkan mud atau lumpur akan mengenai mobil kamu terutama saat musim hujan dan melewati jalanan yang becek. 

Aksesoris Mobil Musim Hujan
Mudguard ( source : www.agricover.com )

Hal ini akan menimbulkan kotoran serta kerak yang ada pada mobil. Jika kamu mencuci mobil sendiri, maka akan lumpur akan mengeras atau menjadi kerak. Alasan inilah yang menjadikan banyak orang lebih senang berjaga-jaga atau lebih senang menggunakan mud guard. 

Karpet Karet 

Floormate atau karpet mobil berbahan plastik juga merupakan salah satu aksesoris yang harus ada di dalam mobil saat memasuki musim penghujan. Sebaliknya, Bagi mobil yang menggunakan karpet berbahan bulu sangat dianjurkan untuk menggantinya dengan karpet yang berbahan plastik karena mudah untuk dibersihkan.

Pada saat hujan tentunya permukaan jalan, atau area parkir kantor, dan tempat tempat yang dituju akan basah oleh air hujan. Tentu saat Anda keluar atau masuk mobil, besar kemungkinan alas kaki akan mengotori karpet.

Ketika itu juga Anda tidak ingin karpet mobil basah dan kotor, apalagi jika menggunakan karpet bulu. Air, kotoran, hingga tanah basah yang menempel di sepatu Anda bisa membuat karpet kotor. Sehingga bisa menimbulkan bau tidak sedap karena lembab.

Dengan penggunaan floormate maka karpet akan lebih awet, ditambah lagi floormate merupakan aksesoris yang mudah dibersihkan, jadi karpet bawaan mobil akan tetap aman. Sudah banyak produsen karpet universal dari karet yang menyediakan untuk berbagai jenis mobil. harganya pun cukup terjangkau dan relatif lebih awet saat digunakan.

Door Visor 

Setiap pemilik mobil mestinya sudah tak asing dengan Door visor. Komponen yang juga kerap disebut dengan talang air ini kerap ditemui menempel di bagian atas pintu mobil. Komponen yang satu ini cukup penting saat musim hujan. 

Saat musim hujan, peran Door Visor sangat membantu untuk melindungi air masuk kedalam area kabin. Sebagai contoh saat pengendara akan melakukan tapping kartu tol, atau membuka kaca untuk keperluan sirkulasi udara di dalam kabin.

Keberadaan door visor akan mereduksi potensi air masuk ke area kabin, sehingga perangkat elektrik di interior terlindungi dari air. Seperti tombol power window yang letaknya di door trim dan rawan hubungan pendek saat terkena air.

Aksesoris mobil satu ini juga cukup banyak tersedia di pasaran dengan berbagai macam model. Untuk pemasangan aksesoris mobil satu ini bisa dengan menggunakan double tape, sehingga cukup mudah dan praktis.  

Lap Microfiber

Aksesoris mobil terakhir yang berguna di musim hujan adalah lap microfiber. Lap microfiber adalah sejenis lap yang terbuat dari fiber tekstil sintetis. Lap microfiber bisa terbuat dari beberapa material seperti nilon, polyester, rayon dan prolen. Kombinasi bahan lap ini diformulasi sedemikian rupa sehingga jauh lebih kompleks dan lebih unggul dari kain katun pada handuk biasa atau bahan kain lainnya.

Aksesoris Mobil Musim Hujan
Lap ( source : blog.ammex.com )

Lap mobil satu ini memiliki kemampuan untuk menyerap air lebih baik tanpa resiko membuat lapisan cat mobil Anda menjadi baret karena kotoran. Lap microfiber yang berkualitas bisa menyerap air 6 kali lebih banyak dibandingkan dengan bobot lap itu sendiri. Ia juga bisa menahan bahan-bahan polish dan wax, dua komponen pelicin yang sering digunakan untuk keperluan detailing otomotif.

Saat musim hujan, lap microfiber saat penting untuk sekedar menyeka kaca dari lapisan embun hingga untuk mengeringkan body mobil agar jamur tak mudah timbul pada lapisan cat mobil Anda. Anda bisa mendapatkan lap microfiber di toko aksesoris atau keperluan rumah tangga. Pilih yang memiliki lapisan lembut dan mudah membuang kotoran. 

Demikian ulasan mengenai dengan aksesoris mobil yang berguna saat musim hujan yang dapat kami sampaikan. Semoga ulasan tersebut dapat memberikan referensi bagai Anda untuk memelihara dan merawat kondisi mobil Anda saat musim hujan. 

Bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi terkait tips dan trik mengenai mobil, silakan untuk tetap mengunjungi website kami ini. Dan bagi Anda yang membutuhkan seputar informasi tempat membeli mobil bekas di daerah mataram bisa segera menghubungi kami di sini.  

Source Featured Image : Okezone.com/Istimewa

Gratis Konsultasi whatsapp