Anda ingin membeli mobil ? Saat Anda hendak membeli mobil baru maupun bekas sangat dianjurkan untuk melakukan uji berkendara atau lebih keren nya disebut test drive. Tentu aktivitas ini sangatlah penting untuk dilakukan. 

Namun, terkadang aktivitas ini dianggap sepele oleh pembeli sehingga malas untuk melakukan test drive, juga karena berbagai alasan. Bisa jadi, mereka memilih begitu saja mobil idamannya, berdasarkan pengamatan sekilas. Padahal, tindakan ini bisa saja merugikan.

Mobil bisa jadi terlihat sempurna melalui foto-foto di situs resmi atau media sosial, iklan di mana-mana juga membuat produk terlihat hebat, ditambah lagi dengan adanya pemberitaan yang mempunyai opini subjektif yang belum tentu sesuai saat dicoba langsung oleh calon pembeli.

Tujuan test drive yaitu untuk merasakan langsung mobil yang jadi incaran, terutama bila pilihannya lebih dari satu. Penting buat calon pembeli mencoba mengendarai mobil agar punya opini pribadi, sekaligus membandingkannya sendiri dengan pendapat orang lain.

Perlu diingat, mobil yang sudah dibeli bakal jadi teman selama bertahun-tahun, jadi penting mengetahui kondisi real mobil yang akan Anda beli. Untuk itu, simaklah ulasan yang sudah dikumpulkan oleh team mobil bekas mataram dibawah ini mengenai hal-hal penting yang perlu Anda lakukan saat test drive mobil. 

A. Langkah-langkah Melakukan Test Drive

Sebelum menuju ke tahap tes drive ada beberapa langkah-langkah yang perlu Anda lakukan agar tidak ada hal-hal penting yang terlewatkan :

1. Mengatur Posisi Duduk 

Langkah pertama dalam melakukan test drive adalah mengatur posisi duduk Anda dalam kondisi pw alas posisi wenak agar test drive berjalan dengan optimal. Selain itu atur jika naik turun setir agar pas pada posisi badan dan tangan. Dengan melakukan aktivitas ini, Anda juga sekaligus memastikan fungsi fitur tersebut masih bekerja dengan baik.

2. Nyalakan Mesin 

Jangan terburu-buru untuk menyalakan mesin, perhatikan dahulu lampu indikator sebelum men-starter mobil. Apabila lampu indikator benar-benar mati, barulah Anda menstarter mobil. Apabila ada lampu indikator yang tetap menyala, berarti ada masalah pada mobil yang perlu diperbaiki.

3. Perhatikan Bunyi Mesin 

Pada saat kondisi mobil masih dingin artinya baru dinyalakan, pada kondisi ini mesin sering mengeluarkan bunyi-bunyi yang bisa menjadi indikasi ada masalah pada mesin. Untuk itu, setelah mesin menyala, buka kaca jendela pengemudi mobil dan dengarkan bunyi mesin secara seksama, pastikan suara mesin normal dan tidak ada bunyi yang tidak wajar. 

4. Periksa Transmisi 

Sebelum Anda menjalankan mobil, periksalah terlebih dahulu kinerja transmisi. Untuk transmisi manual, pastikan perpindahan tidak ‘slip’ atau tersangkut, kopling tidak terasa dalam saat diinjak. Untuk transmisi automatic, pindahkan transmisi ke setiap posisi yang ada. Pastikan tidak ada jeda yang lama atau hentakan yang keras setiap perpindahan transmisi.

Test Drive Mobil
Transmisi Mobil ( Instagram : @bmwgroupfans)

B. Hal yang dilakukan Saat Test Drive 

1. Rasakan Kenyamanan

Kenyamanan dalam berkendara tentu adalah hal yang utama karena mobil tersebutlah yang akan menemani Anda selama perjalanan kedepannya. Coba tanyakan dalam hati Anda, apakah memang mobil ini yang selama ini Anda cari. Sebab, kecocokan hati ini penting sebagai langkah awal menuju tahap berikutnya

2. Periksa Performa Mesin 

Meskipun mobil bekas bukan berarti mobil-mobil tersebut semuanya memiliki performa mesin yang tidak berkualitas. Pada kenyataannya masih banyak mobil bekas yang masih memiliki mesin yang berkualitas. 

Nah, untuk itu penting untuk Anda cermati lebih lagi mengenai performa mesin dalam pemilihan mobil bekas. Dengan performa yang masih baik, maka kita akan mendapat kepuasan dalam berkendara. Namun disisi lain, performa yang baik menandakan bahwa mesin mendapat perawatan yang selayaknya.

3. Periksa Fitur 

Pelajari semua pilihan fitur yang disematkan dalam mobil tersebut karena tentu setiap mobil memiliki fitur yang berbeda-beda, kalau periksa apakah semua fitur masih berfungsi dengan baik. Jika sudah punya mobil sebelumnya, coba bandingkan.

Cobalah untuk mendalami dan memahami spesifikasi penting seperti kapasitas mesin dan fitur keselamatan. Ada kalanya kerusakan pada suatu fitur, menandakan kerusakan pada bagian lain. Sementara untuk memperbaikinya juga akan membutuhkan dana yang tidak sedikit.

4. Periksa Interior 

Setelah mempelajari fitur apa saja yang ada di mobil, cobalah untuk tes cara kerja fitur tersebut. Misalkan seperti menyalakan wiper dan lampu, membuka dan menutup kaca jendela, dan lain-lainnya. 

Test Drive Mobil
Interior Mobil ( instagram : @audiloooover )

Bagian interior tidak bisa untuk diperbaiki dan di permak sedemikian rupa. Artinya jika Anda mendapatkan mobil dengan kondisi interior yang bagus maka bisa dipastikan perawatannya dilakukan dengan baik juga. 

5. Perhatikan Konsumsi BBM 

Hal yang tidak kalah penting saat melakukan test drive adalah mengetahui sejauh mana konsumsi bahan bakar mobil yang hendak Anda beli. Konsumsi bahan bakar menjadi pertimbangan yang penting karena menyangkut biaya yang akan Anda keluarkan selama memakai mobil tersebut. 

C. Hal yang harus Anda Hindari Saat Test Drive   

1. Jangan Terburu-buru

Test drive adalah momen untuk benar-benar memastikan kendaraan yang akan Anda beli apakah sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Untuk itu, janganlah terburu-buru saat melakukan aktivitas test drive. Gunakan tips diatas untuk memaksimalkan momen test drive.

2. Jangan Mengajak Terlalu Banyak Orang

Fokus dan suasana yang kondusif sangat Anda butuhkan saat melakukan test drive. Untuk itu jangan mengajak terlalu banyak orang saat melakukan test drive karena bisa membuat Anda tidak konsen saat sedang test drive. Bawalah satu saja seseorang yang bisa Anda ajak diskusi tentang performa mobil.

3. Jangan Biarkan Penjual Mendiktemu 

Mengetahui kondisi mobil saat melewati berbagai rute dan medan adalah hal yang penting saat melakukan test drive. Untuk itu kembangakanlah ide kemana rute yang akan Anda lewati saat melakukan test drive. 

Penting untuk diperhatikan, Jangan biarkan penjual memilihkan rute kemana kamu akan membawa mobil. Hal itu bisa membuat uji coba mu tidak maksimal.

4. Jangan Biarkan Penjual Mengalihkanmu 

Fokus tentu adalah hal yang penting untuk Anda miliki saat melakukan test drive karena dengan fokuslah Anda dapat menganalisa performa kendaraan tersebut. Untuk itu jangan biarkan fokus Anda menghilang atau menurun. 

Terkadang fokus Anda bisa hilang atau menurun saat penjual mulai untuk mempengaruhi Anda. Jika hal itu terjadi, bicaralah padanya dengan sopan untuk tak terus memengaruhimu.

5. Jangan Lupa Bertanya 

Hal yang terkadang dianggap remeh oleh sebagian orang adalah mempersiapkan pertanyaan seputar kondisi mobil tersebut. Padahal hal tersebut termasuk kedalam hal yang penting saat Anda hendak melakukan test drive.

Dengan mengajukan pertanyaan kepada penjual tentu Anda akan mengetahui apakah menjual benar-benar memahami kondisi mobil yang dijualnya.

itulah beberapa ulasan mengenai hal penting yang perlu untuk Anda lakukan saat test drive mobil. Terlebih lagi jika Anda hendak membeli mobil bekas, tentu untuk mengetahui kodisi real dari mobil bekas tersebut harus dilakukannya test drive.

Jika Anda sat ini berada di Kota Matram dan hendak membeli mobil bekas. Tidak perlu khawatir karena saat ini sudah tersedia tempat unutk membeli mobil bekas mataram yang berkualitas salah satunya adalah mobilbekas.com. Untuk informasi lebih lanjut, bisa mengubungi nomor kami yang dicantumkan di website resmi.

Gratis Konsultasi whatsapp