Mobil Bekas Mataram – Bagi para pecinta kendaraan roda empat akan merasa bosan dan tidak percaya diri jika kendaraan miliknya itu tampil biasa-biasa saja. Bukan hanya pemiliknya saja yang harus tampil menawan, namun kendaraan yang sering kali dibawanya pun harus tampil lebih menawan. Terlebih lagi Anda yang sebagai pemula yang memiliki keinginan untuk memodifikasi mobil. 

Adanya tips modifikasi mobil untuk pemula ini sangat bermanfaat bagi Anda yang akan melakukannya. Beragam konsep yang ingin Anda modifikasi juga pastinya hal ini membutuhkan perencanaan yang cukup matang. Supaya hasil modifikasi yang Anda lakukan sesuai dengan keinginan.

Mungkin terbilang sangat sulit bagi para pemula yang akan melakukan modifikasi mobil namun, belum tahu bagaimana caranya. Mau tau tips modifikasi mobil untuk pemula? Yuk baca tipsnya dibawah ini:

1. Menentukan Tema Modifikasi yang Tepat 

Tips pertama, jangan modifikasi mobil sebelum menentukan temanya. Hal ini supaya dapat memastikan akan dibuat seperti apa gaya mobil yang akan Anda modifikasi. Selain itu juga dapat menentukan biaya modifikasi yang digunakan. Karena untuk menentukan tema modifikasi mobil saja sangatlah beragam. Simak beberapa ulasan singkat tema modifikasi yang paling populer berikut ini : 

Jangan Medifikasi Mobil
Street Racing ( Instagram : @supercarspoting )
  • Japanese Domestic Market ( JDM ) 

Tema modifikasi yang pertama ini adalah aliran yang hanya menggunakan komponen-komponen asli yang berasal dari Jepang. Tema modifikasi JDM mungkin merupakan aliran yang paling terkenal saat ini di kalangan anak muda. 

  • DUB

DUB adalah aliran modifikasi mobil yang mengutamakan prestise bagi para pemilik mobil sekaligus menonjolkan kemewahan dari mobil itu sendiri. Hal yang paling mencolok pada mobil dengan aliran DUB adalah menggunakan velg yang berukuran 20 – 25 inchi dengan lapisan krom.

  • VIP

Mobil dengan tema modifikasi VIP memiliki ciri yang cenderung lebih minimalis di bagian eksterior, mirip seperti DUB yang juga mengandalkan kesan kemewahan yang menarik perhatian orang melihatnya. Namun DUB lebih berfokus pada bagian interiornya.  

  • Retro 

Modifikasi dengan tema Retro mengutamakan keorisinilan setiap parts, interior maupun eksterior. Tema modifikasi ini berfokus ke bentuk mobil yang mirip dengan mobil tahun 1950-an dengan khas kap mesin menonjol ke atas dan bagasi sedikit ceper. 

  • Hellaflush

Hellaflush adalah tema modifikasi yang membuat mobil terlihat ceper terhadap permukaan jalan, namun tetap bisa dijalankan. Tema yang satu ini lebih mengutamakan modifikasi pada kaki-kaki dengan menampilkan velg lebar dan offset maksimum. 

  • Street Racing 

Tema Street Racing adalah tema modifikasi mobil yang lebih menonjolkan tampilan seperti mobil balap namun tetap digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Jadi tidak perlu heran apabila di jalanan Anda melihat tampilan kendaraan seperti mobil balap padahal melintas di jalanan biasa. 

2. Perhatikan Fungsi Mobil 

Pada saat Anda ingin melakukan modifikasi mobil, tips kedua yang bisa Anda lakukan adalah mengetahui fungsi modifikasi mobil. Dimana dari fungsi ini Anda bisa menyesuaikan dengan tema yang Anda pilih. Karena untuk memodifikasi mobil terbilang tidak mudah dan harus memiliki perencanaan khusus. Maka dengan begitu Anda harus memperhatikan fungsi mobilnya yang kemudian akan digunakan untuk apa. Seperti untuk digunakan sehari-hari, atau kegiatan khusus dan bisa juga untuk kontes modifikasi.

3. Anggaran Dana Modifikasi 

Untuk memodifikasi mobil seperti yang Anda inginkan tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Oleh karena itu, dana yang akan digunakan harus disesuaikan dengan konsep yang sebelumnya telah ditetapkan. Setelah Anda menyediakan alokasi dana, selanjutnya Anda harus menyiapkan daftar harga untuk part-part yang dibutuhkan dalam modifikasi tersebut. 

Selain menyiapkan dana untuk biaya peralatan dan perlengkapan modifikasi, Anda juga perlu untuk menghitung biaya yang dikeluarkan untuk tenaga pemasangannya. Tanpa adanya rancangan alokasi dana yang tepat maka rencana modifikasi akan tidak sesuai dengan rencana. 

4. Memilih Bengkel yang Handal & Terpercaya 

Ketika Anda ingin memodifikasi mobil memang yang perlu diperhatikan itu yang pertama kali adalah tempat service atau bengkel yang handal. Bahkan tidak hanya handal saja tapi juga terpercaya. Karena, dengan hal ini Anda dapat memilih bengkel yang memiliki reputasi baik dimata konsumen. Supaya modifikasi yang sesuai dengan selera dan keinginan Anda.

Salah satu tips bagi Anda yang ingin memilih bengkel yang handal dan terpercaya adalah dengan mencari jejak digital seperti social media dan website. Biasanya Bengkel yang telah menggunakan perusahaan jasa website dalam memaksimalkan usahnya berani untuk memberikan effort yang lebih agar konsumennya lebih mempercayai jasa dan produk mereka.

Carilah bengkel yang memiliki website. Website memiliki peranan yang penting untuk memberikan infomasi sedetail mungkin terkait produk dan jasa yang ditawarkan oleh bengkel itu sendiri.

5. Bergabung dengan Komunitas Mobil 

Tips ini terbilang cukup handal jika Anda lakukan, karena dengan bergabung pada komunitas Anda bisa mengetahui banyak informasi mengenai modifikasi mobil. Apalagi Anda terbilang masih pemula untuk melakukan modifikasi, maka sangat dibutuhkan banyak teman untuk bisa bertukar informasi.

6. Mengetahui Proses Modifikasi 

Tips modifikasi mobil untuk pemula selanjutnya adalah mengetahui proses modifikasi yang dilakukan. Hal ini perlu Anda perhatikan, sebab dengan mengetahui proses modifikasi Anda juga dapat menilai kinerja montir secara langsung. Bukan hanya itu saja, adanya hal ini dapat mempercepat pengerjaan modifikasi mobil yang sesuai dengan keinginan konsumennya.

7. Pahami Resiko Modifikasi 

Dalam modifikasi, semua orang bebas untuk berekspresi dengan cara merubah mobil menjadi yang diinginkan. Desain telah dibuat dengan konsep yang ditetapkan. Modifikasi body mobil memang bertujuan untuk menyenangkan pemiliknya karena mobil dapat dibuat sesuai selera. 

Jangan Modifikasi Mobil
Pertimbangkanlah setiap Resiko yang Ada ( nasabamedia.com )

Namun untuk memodifikasi kendaraan memang tidak boleh sembarangan. Karena di negara kita terdapat peraturan mengenai standar kendaraan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Apabila modifikasi yang dilakukan tidak mengikuti standar pemerintah, maka pemilik yang menanggung akibatnya. Karena jika dilihat sekarang, banyak orang yang memodifikasi kendaraan dengan standar yang melanggar. 

itulah beberapa ulasanya terkait tips dalam modifikasi yang perlu unutk Anda ketahui sebelumnya. Semoga artikel dengan topik ” Jangan Modifikasi Mobil Anda Sebelum Ketahui Tips Berikut Ini ! ” tersebut dapat membantu Anda melakukan modifikasi.

Jika Anda membutuhkan mobil bekas di sekitar daerah Mataram, silahkan untuk menghubungi team kami melalui nomor yang telah dicantumkan di website mobilmataram.com .

Gratis Konsultasi whatsapp