Tips Menghindari Penipuan Saat Membeli Mobil Secara Online – Saat ini transaksi jual beli banyak dilakukan di internet, hal ini terbukti dengan semakin banyaknya situs jual beli bermunculan. Salah satunya situs jual beli mobil. Dengan adanya situs jual beli mobil semakin mempermudah mendapatkan mobil yang sesuai dengan harapan.

Banyak manfaat yang diberikan dengan hadiran situs, misalkan seperti semakin mempermudah pencarian informasi seputar mobil. Akhirnya tidak jarang orang bertransaksi melalui situs karena dinilai lebih efektif, efisien, ringkas dan cepat. 

Namun, sebelum memutuskan membeli mobil di situs online, ada beberapa yang harus diperhatikan agar aman dan mencegah terkena tipu. Apalagi hal ini berkaitan dengan transaksi barang yang tidak kecil nilainya. Anda sebagai pembeli tentu harus menghindari usaha penipuan yang bakal merugikan. Simak beberapa tips berikut, ya ! 

1. Mengecek Situs 

Seperti yang sudah dipaparkan di awal artikel, saat ini sudah banyak situs jual beli mobil online yang bisa Anda temukan di internet, seperti OLX, Carmudi, mobil bekas mataram dan masih banyak lagi. Tidak semua situs bisa dipercaya, Anda harus hati-hati dan cermat memilihnya. Jika Anda menemukan tampilan situs yang polos, sebaiknya urungkan niat Anda dan carilah situs lainnya. karena besar kemungkinan situs tersebut masih baru.

Anda bisa mencari informasi dari testimoni di internet atau bertanya kepada teman, saudara dan kenalan lainnya yang memiliki pengalaman pernah beli mobil melalui situs online. Mintalah nasihat dan rekomendasi dari mereka, karena hal tersebut bermanfaat bagi Anda. 

Di situs jual beli mobil online, Anda akan menemukan banyak penjual. Jika Anda melihat ada mobil yang sesuai keinginan, pastikan baca dengan teliti informasi penjualnya. Apakah menampilkan identitas lengkap atau tidak. 

Dengan mengetahui identitas penjual mempermudah transaksi. Selain itu juga, akan mempermudah Anda saat hendak menyampaikan keluhan ketika ada masalah yang timbul berkaitan dengan kendaraan yang telah Anda beli. 

2. Kontak Penjual Mobil 

Jika Anda sudah menemukan mobil yang diinginkan bisa lakukan langkah selanjutnya yaitu menghubungi penjual melalui nomor telepon yang ditampilkan pada profil penjual. Tanyakan apakah mobil yang diiklankan masih ada atau sudah terjual.

Tanyakan juga mengenai harga, surat dokumen kendaraan dan pembayaran pajak. Jika ada salah satu syarat tersebut tidak lengkap sebaiknya pikirkan lebih dulu matang-matang sebelum melanjutkan transaksi.

3.Cek Kondisi Langsung 

Sama seperti barang lainnya yang dijual secara online, kadang gambar atau foto yang ditampilkan tidak sesuai dengan yang aslinya atau sudah diedit terlebih dulu. Agar tidak kecewa, Anda bisa kunjungi dealer alamat yang tertera di profile.

Menghindari Penipuan Membeli Mobil
Interior adalah salah satu hal yang harus di cek ( coversuper.com )

Tanyakan mengenai kondisi mobil secara detail, mulai dari seperti mesin, interior, eksterior, apakah pernah tabrakan atau pernah mengalami kebanjiran. Penjual yang baik pasti akan berkata jujur dan apa adanya. Seandainya menemukan penjual yang enggan menjelaskan secara rinci, sebaiknya cari penjual mobil lainnya. 

4. Test Drive  

Setelah mengecek kondisi langsung, Anda perlu untuk melakukan uji kendaraan atau test drive guna untuk merasakan langsung mobil yang akan Anda beli. Mobil bisa jadi terlihat sempurna melalui foto-foto di situs resmi atau media sosial, ditambah dengan adanya pemberitaan yang mempunyai opini subjektif yang belum tentu sesuai saat dicoba langsung oleh calon pembeli. 

Hal-hal yang perlu untuk Anda lakukan saat test drive adalah sebagai berikut. Pertama, mengecek kenyamanan berkendara. Kedua, periksa performa mesin. Ketiga, periksa semua fitur yang ada dalam mobil tersebut. Keempat, periksa interior. Kelima, perhatikan konsumsi bahan bakar mobil yang hendak Anda beli karena akan menyangkut biaya yang dikeluarkan selama berkendara.  

5. Mengajak Seseorang Saat Hendak Bertemu Penjual 

Tentu sangat masuk akan jika Anda membawa seseorang untuk bertemu dengan orang baru dalam hal bertransaksi bukan ? terlebih lagi hal yang akan ditransaksikan adalah mobil dengan harga yang tidak murah. 

Nah, sebagai orang yang belum kenal satu sama lain, bawalah seseorang bersama Anda ketika akan berjumpa dengan penjual. Bisa mengajak saudara, orang tua, atau bahkan teman untuk menemui Anda selama pertemuan tersebut.   

Selain itu, jika hendak melakukan pertemuan, pilihlah tempat yang ramai dan jangan mau untuk jika diajak bertemu ditempat yang sekiranya dinilai sepi. Lebih baik lagi jika Anda menyepakati waktu bertemu di siang hari. Selain karena alasan keamanan, mensurvei mobil di siang hari juga lebih menguntungkan karena kondisi mobil yang dapat terlihat dengan lebih detail dan jelas. 

6. Jangan Lupa Legalitas Mobil 

Setelah kondisi mobil, kini kamu bisa mulai mengecek legalitas mobil tersebut. Pastikan STNK dan BPKB serta faktur mobil tersebut lengkap. Salah satu cara termudah melacak legalitas mobil dengan datang langsung ke kantor Samsat.

7. Negosiasi 

Harga yang dicantumkan di situs, umumnya belum jadi harga nett. Artinya diperbolehkan untuk negosiasi untuk mendapatkan harga lebih murah. Biasanya hasil tawar menawar tidak akan lebih dari 10% dari harga yang tercantum. Hal ini karena ada biaya lainnya yang harus dibayar, seperti biaya pengiriman.

Menghindari Penipuan Membeli Mobil
Negosiasi ( nasabamedia.com )

8. Transaksi dengan Dokumen Resmi 

Hal yang perlu untuk Anda lakukan agar terhindar dari penipuan saat membeli mobil secara online adalah dengan melakukan transaksi dengan dukungan dokumen resmi. Anda sebaiknya jangan membuat kesepakatan atau serah terima surat-surat kendaraan sebelum adanya dokumen resmi yang dibuat dan dicetak. 

Saat membuat dokumen resmi sebagai pelengkap transaksi, pastikan identitas calon penjual ataupun pembeli tertulis dengan benar dan lengkap. Selain itu, pastikan bahwa kedua belah pihak telah membubuhkan tanda tangan diatas materai dan masing-masing memiliki salinan dokumen tersebut. 

itulah beberapa ulasan mengenai tips menghindari penipuan saat membeli mobil secara online. Semoga dapat bermanfaat ketika nantinya Anda hendak membeli mobil secara online. Simak informasi lainnya terkait tips mobil lainnya di website kami.

Dengan adanya internet memang dapat memudahkan Anda ketika hendak membeli mobil. Namun Anda harus tetap berhati-hati. Jika Anda membutuhkan informasi terkait mobil bekas mataram bisa juga untuk menghubungi kami melalui nomor yang telah tertera di laman website resmi kami.

Gratis Konsultasi whatsapp