Mobilmataram.com – Saat ini banyak orang yang mampu mengendarai mobil, namun masih banyak juga yang malas untuk melakukan perawatan. Sedangkan melihat peran mesin merupakan hal yang sangat vital dari sebuah kendaraan yang harus benar-benar diperhatikan penggunaan serta perawatannya.

Mesin mobil wajib dirawat secara berkala agar performa mobil tetap prima. Tidak mengherankan jika mobil tidak terawat dengan baik terkadang mobil sulit untuk dinyalakan atau bahkan mogok. Untuk itu mulai pada diri Anda, lakukanlah perawatan terhadap mobil Anda untuk menunjang performa dan kinerjanya. 

Berikut ini terdapat beberapa tips cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga performa mesin mobil tetap stabil : 

1. Sesuaikan Bahan Bakar

Cara menjaga performa mesin agar tetap stabil yang pertama adalah dengan menyesuaikan bahan bakar. Kendaraan membutuhkan bahan bakar agar bisa bergerak. Bahan bakar tersebut nantinya akan diproses di dalam mesin agar kendaraan bisa melaju dengan kecepatan tertentu. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika hendak menggunakan bahan bakar,penggunaan bahan bakar tidak boleh secara sembarangan. Penggunaan bahan bakar yang berkualitas rendah tentu akan berdampak pada mesin mobil itu sendiri. 

Untuk itu disarankan bagi Anda yang ingin menjaga agar performa mesin mobil Anda tetap stabil menggunakan bahan bakar beroktan 92 yaitu Pertamax atau bahan bakar sekelasnya. Selain mempengaruhi performa, penggunaan bahan bakar yang berkualitas tinggi dengan hasil pembakaran yang sempurna akan berdampak baik bagi lingkungan karena mengurangi polusi udara. 

Memang masalah utama saat Anda menggunakan Pertamax adalah harga yang relatif mahal. Akan Tetapi akan berbanding lurus dengan performa mesin kendaraan anda. Sebaliknya untuk mesin diesel, gunakanlah bahan bakar Solar atau Biodiesel agar tetap menjaga performa mesin yang lebih baik dan menghasilkan pembakaran yang lebih baik dari bahan bakar solar biasa.

2. Tune Up Secara Berkala

Cara untuk menjaga performa mobil tetap stabil selanjutnya adalah dengan melakukan Tune Up. Sekilas Tune Up terlihat mirip dengan Service tetapi memiliki arti yang berbeda. Aktivitas Tune Up mobil adalah perawatan yang bertujuan untuk melakukan standarisasi komponen sehingga sistem mobil kembali seperti sedia kala.  

Untuk itu datanglah ke bengkel untuk bisa melakukan tune up secara berkala untuk menjaga performa mobil tetap stabil. Aktivitas Tune Up sangat penting untuk mengetahui apakah setiap komponen-komponen pada kendaraan masih dalam kondisi baik atau sebaliknya. 

Percayakan mobil Anda kepada dealer resmi atau bengkel terpercaya untuk mendapatkan fasilitas terbaik yang menjamin standar kualitas pelayanannya. Anda juga bisa berkonsultasi dengan teknisi ahli tentang berbagai masalah pada mobil hingga waktu saat melakukan penggantian spare part.

3. Service Secara Berkala

Cara menjaga performa mobil agar stabil lainnya adalah melakukan servis secara berkala. Melakukan service secara berkala adalah merupakan salah satu hal dasar yang perlu untuk dilakukan oleh pemilik mobil terlebih lagi jika mobilnya baru. 

Servis mobil disini adalah servis secara keseluruhan, mulai dari mesin, rem, ganti oli dan perawatan pada bagian-bagian lainnya. Service berfungsi agar Anda mengetahui mana bagian komponen yang masih dengan normal atau sebaliknya. 

Selain menjaga performa mesin mobil, service juga akan menjaga mesin agar tetap awet. Lantas, seberapa sering seharusnya kita untuk melakukan service ? tentu untuk menjawab hal tersebut tergantung seberapa jauh perjalanan yang telah ditempuh dan kondisi jalan yang dilalui. 

Jika mobil Anda baru, pastikan untuk melakukan service pertama di 1000 kilometer pertama. Biasanya terdapat service gratis dari pihak dealer untuk beberapa kali. JIka mobil Anda sudah lama, lakukanlah service secara secara berkala dengan rentan waktu apabila jarak tempuh sudah mencapai 10.000 km dan kelipatanya. 

Bawalah kendaraan anda ke bengkel resmi agar mendapatkan pelayanan servis yang terjamin kualitas dan standarnya. Bengkel resmi akan memiliki reputasi yang baik dan memiliki parts atau onderdil resmi dari produsen terkait kendaraan anda.

Dengan melakukan service secara berkala dapat mengembalikan kondisi kendaraan seperti semula mencegah terjadinya masalah, dan tentunya mengembalikan performa kendaraan sebagaimana mestinya. 

4. Pastikan Mobil Tidak Kehabisan Cairan

Bukan hanya manusia saja yang membutuhkan cairan, ternyata mobil juga membutuhkan cairan. Beberapa jenis cairan seperti power steering, rem, dan coolant. Luangkanlah waktu sejenak untuk memeriksa cairan-cairan tersebut, terutama coolant yang cepat habis di dalam tangki radiator.

Cairan coolant pada tangki radiator memiliki fungsi untuk mendinginkan mesin saat bekerja sehingga mampu menghindari kondisi mesin dimana terjadinya overheat. Kekurangan cairan ataupun kebocoran pada tangki radiator bisa menimbulkan masalah serius pada mesin mobil. 

Untuk merawat mesin mobil Anda, gunakanlah cairan radiator atau coolant yang sudah direkomendasikan pada manual book. JIka anda tidak mengetahui mana jenis cairan yang cocok untuk mesin Anda, maka disarankan untuk bertanya ke pihak produsen atau ahlinya. 

Hindari menggunakan air biasa karena memiliki kandungan senyawa yang berbeda dibandingkan dengan cairan coolant. Cairan coolant memiliki senyawa kimia anti-rust yang menjaga ruang radiator agar tetap bersih dan awet.

5. Perhatikan Kondisi Oli 

Selain dengan memastikan jenis bahan bakar, salah satu cara yang mudah dalam menjaga performa mesin agar tetap stabil adalah dengan memastikan kondisi oli mesin. Penggunaan Oli mesin dianjurkan untuk menggunakan tipe yang sudah tertera di buku manual mobil Anda. 

performa mesin mobil stabil  ( Instagram : @buzzoilklpgdg )
Perhatikan Kondisi Oli ( Instagram : @buzzoilklpgdg )

Untuk penggantian oli Anda bisa melakukannya setelah melalui 7.000 kilometer perjalanan. Selain itu juga sebaiknya mengecek dengan meneteskan oli di tangan dan jika Anda mendapati ada serpihan halus di dalamnya maka oli tersebut harus segera diganti dengan yang baru.

Untuk itu selalu perhatikan kondisi mobil Anda dan jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan secara berkala agar performa mesin mobil tetap stabil. Bagi Anda yang membutuhkan informasi terkait tempat penjualan mobil bekas mataram di sekitar area mataram , bisa menghubungi kami melalui website resmi kami. 

Gratis Konsultasi whatsapp